Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gorontalo (FISIPOL-UG) baru-baru ini telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan 2 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mongondow Utara sebagai bagian dari upaya untuk memperluas jaringan kolaborasi. Kerja sama itu diantaranya dengan Bappeda-Litbang dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Isi Perjanjian Kerja Sama (PKS) meliputi penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, riset, inovasi, dan pengembangan kelembagaan.

Acara penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut berlangsung di Ruang Rapat Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang disaksikan oleh Asisten 1 dan Asisten 2, Pimpinan OPD, Ketua Dewan Pembina dan Ketua Yayasan Pendidikan Duluwo Limo Lopohalaa dan Rektor Universitas Gorontalo. Dekan Fisipol-UG saat dimintai keterangan menerangkan bahwa “ruang lingkup kerja sama yang kita sepakati diantaranya Pendidikan dan pelatihan untuk penjaringan mahasiswa baru barangkali ada pegawai atau masyarakat yang ingin melanjutkan studi sarjananya di Fisip. Dalam bidang pelatihan dan pengkajian kami bersepakat dapat menjalin Kerjasama apabila ada workshop dan seminar yang membahas topik-topik pembangunan daerah, polaborasi menyusun rencana pembangun pendek, menengah, panjang daerah dalam bentuk dokumen RPJMD atau RKPD, dan dokumen perencanaan lainnya di Bappeda. Sementara itu Kerjasama dengan Dinas Pemdes difokuskan pada pendampingan dan pengkajian Pemerintah Desa diwilayah Kabupaten Bolmut”. Ungkap Dr. Abdul Wahab Podungge.

Kepala Dinas Pemdes Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,  La ode Osnawir Ojayana mengungkapkan rasa syukurnya telah melaksanakan penjajakan kerjasama dengan Fisipol-UG, “Kerjasama ini merupakan langkah penting dalam upaya kita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah. Kami berharap melalui kolaborasi ini, berbagai inovasi dan solusi praktis dapat dihasilkan untuk mengatasi tantangan yang ada di masyarakat.” Tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bolmut. Sementara itu Kepala Bappeda-Litbang Bapak Aroman Talibo menambahkan bahwa “Kami sangat antusias dengan adanya kerjasama ini. Dengan sinergi antara akademisi dan praktisi, kita dapat menciptakan program-program yang lebih efektif dan inovatif dalam mendukung pembangunan daerah.”

Beberapa jam sebelum penandatangan Perjanjian Kerja Sama Dengan OPD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Rektor Universitas Gorontalo Dr. Sofyan Abdullah, SP., MP dan Ketua Yayasan DLP Gorontalo Dr. Rolly Paramata, SE., MM melaksanakan Penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Pj. Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Dr. Sirajudin Lasena, MM yang disaksikan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan DLP Gorontalo Prof. Dr. Rustam Hs. Akili, SH., MH dan Kepala LLDikti XVI Munawir Sadzali Razak, S.IP., M.A yang bertepatan  dengan HUT Kabupaten Bolaang Mongondow Utara  yang ke-17 pada tanggal 23 Mei 2024.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *